Analisis Pengaruh Faktor-faktor Ekuitas Merek Berbasis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Empiris Pada Tunjungan Plaza Surabaya

Wicaksono, Dwi Widodo (2012) Analisis Pengaruh Faktor-faktor Ekuitas Merek Berbasis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Empiris Pada Tunjungan Plaza Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI _ DWI WIDODO WICAKSONO (11108077)-11.pdf

Download (9kB)

Abstract

Di Surabaya terdapat 34 pusat perbelanjaan tersebar mulai dari wilayah barat, pusat, selatan, timur, dan utara Surabaya. Setiap pusat perbelanjaan berusaha menampilkan image nya masing-masing berdasarkan merek yang ingin ditonjolkan. Salah satu pusat perbelanjaan yang ikut meramaikan persaingan di kota Surabaya adalah Tunjungan Plaza (TP) yang berada di Jl. Basuki Rachmat dan merupakan pusat perbelanjaan terbesar dan terluas yang ada di Surabaya. Mall seluas 253,187 m2 dan 113,327 m2 ini adalah hasil gabungan empat mall dari pusat perbelanjaan yang berdiri pada tahun 1986. Laju persaingan antar pusat perbelanjaan yang semakin hari semakin pesat menuntut setiap pusat perbelanjaan meningkatkan nilai tambah untuk dapat memenangkan persaingan. Salah satunya adalah dari ekuitas merek pusat perbelanjaan tersebut. Dalam peneitian ini, peneliti ingin menganalisis Pengaruh Faktor-Faktor Ekuitas Merek Berbasis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Empiris Pada Tunjungan Plaza Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif maupun kuantitatif. Secara kualitatif, data didapatkan dari hasil kuisioner. Secara kuantitatif, data didapatkan dengan menyebarkan kuesioner di seluruh wilayah Surabaya (Surabaya Utara, Surabaya Barat, Surabaya Timur, Surabaya Selatan, dan Surabaya Pusat). Jumlah kuesioner yang dibagikan adalah 100 kuesioner. Dimensi brand equity yang diteliti meliputi Salience, Performance, Imagery, judgement, Feeling, dan Ressonance. Analisis yang digunakan antara lain analisis validity dan reliability terhadap data yang diperoleh melalui kuesioner. Kemudian dilakukan analisis deskriptif yang memaparkan jawaban kuesioner dari responden. Berdasarkan hasil dari pengukuran ekuitas merek secara kuantitatif dapat diketahui bahwa Berdasarkan uji f variabel Performance (X1), Equity (X2), Judgement (X3), Feeling (X4), dan Resonance (X5) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian di tunjungan plaza Surabaya (Y). Performance (X1), Equity (X2), Judgement (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di tunjungan plaza surabaya (Y), sedangkan Feeling (X4), dan Resonance (X5) berpengaruh secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Wic 73 2012
Uncontrolled Keywords: Equity, Salience, Performance, Imagery, judgement, Feeling, dan Ressonance.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5429.7-5430.6 Shopping centers. Shopping malls
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 16 Sep 2022 05:03
Last Modified: 16 Sep 2022 05:03
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item View Item