Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Konsumen dalam Berbelanja di Pasar Induk Modern Agrobisnis Puspa Agro Sidoarjo

Kusnanto, Yuda Prasetya (2011) Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Konsumen dalam Berbelanja di Pasar Induk Modern Agrobisnis Puspa Agro Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
564 YUDA PRASETYA KUSNANTO.pdf

Download (78kB)

Abstract

Perubahan sosial ekonomi sekarang ini juga turut mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli, baik untuk kebutuhan primer maupun sekunder. Selain dilihat dari segi konsumen, Kita juga perlu menganalisis adanya pengaruh yang berasal dari beberapa variabel yang dapat dikontrol oleh pemasar ( Produsen ) dalam usahanya untuk memberi informasi dan mempengaruhi konsumen. Variabel-variabel tersebut antara lain produk, harga, fasilitas dan promosi. Untuk menganalisis seberapa besar pengaruh dari variabel-variabel tersebut, penulis melakukanpenyebaran kuisioner kepada 120 responden yaitu konsumen yang berbelanja di Pasar lnduk Modern Agrobis Puspa Agro Sidoarjo pada saat penelitian berlangsung. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari perhitungan regresi dihasilkan Y = 0,296 + 0,102.X1 + 0,312.X2+ 0,214.X3+ 0,307.X4. Sedangkan dari hasil pengujian melalui analisis kuantitatif dengan uji F, dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan nilai F hitung sebesar 62,320 dan nilai F tabel sebesar 2,44. Dalam hubungan secara simultan ini dihasilkan koefisien determinasi (R2) yang menggambarkan bahwa besar pengaruh kelima variabel bebas yaitu kualitas produk (X1), harga (X2), pelayanan (X3), promosi (X4), dan lokasi (X5) terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 68,4%, sedangkan sisanya sebesar 31,6% disebabkan oleh variabel lainnya. Melalui pengujian parsial dengan uji t menghasilkan nilai t tabel sebesar 1,980 dan thitung untuk variabel produk (X1) sebesar 1,546, yang berarti produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Harga (X2) sebesar 4,673, yang berarti harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Promosi (X3) sebesar 3,467, yang berarti pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Promosi (X4) sebesar 0,365, yang berarti promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y), Berdasarkan pada hasil uji hipotesis tersebut dapat diketahui bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen adalah Harga (X2) dengan angka Standardized Coefficients Beta paling tinggi, yaitu sebesar 0,350 apabila dibandingkan dengan variabel ,produk, promosi, dan fasilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Kus 564 2011
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:44
Last Modified: 04 Oct 2022 03:44
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2299

Actions (login required)

View Item View Item