Analisis Pengaruh Lokasi, Harga, Promosi dan Tenaga Pengajar Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Sekolah "X" di Surabaya

Widyanti, Aprillia (2010) Analisis Pengaruh Lokasi, Harga, Promosi dan Tenaga Pengajar Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Sekolah "X" di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)

Abstract

Pada kondisi dewasa ini pendidikan merupakan hal yang penting karena kita akan memasuki era globalisasi yang merupakan era dimana menuntut setiap pelaku usaha untuk berpacu dan berlomba lomba menjadi yang terbaik diantaranya. Hal ini bukan saja dirasakan dan terjadi pada satu bidang saja, setiap bidang juga terkena dampaknya , termasuk bidang pendidikan. Pengambilan obyek pada penelitian ini adalah Sekolah "X" di Surabaya yang telah berdiri sejak tahun 1987. Berdasarkan data jumlah murid pada sekolah "X" di Surabaya tahun ajaran 2009-2010 seluruhnya berjumlah 196 orang. Sekolah "X" adalah Sekolah Menengah Atas di Surabaya. Pada penelitian ini, penulis hanya menggunakan 60 responden Keputusan memilih oleh konsumen (Y) dapat diukur dari beberapa variabel bebas (X), yaitu : Lokasi (X1), Harga (X2), Promosi (X3), dan Tenaga Pengajar (X4). Melalui Lokasi (X1), Harga (X2), Promosi (X3), dan Tenaga Pengajar (X4) yang akan diteliti untuk membuktikan apakah keempat variabel tersebut mempengarui keputusan konsumen (Y). Dalam penelitian ini digunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi berganda, analisis standardized coefficients beta dan uji hipotesis dengan menggunakan hasil pengolahan data dari program SPSS versi 10.0. Persamaan dari koefisien regresi linear berganda adalah sebagai berikut : Y= 0,252 + 0,995X1 + 0,565X2 � 0,196X3 � 0,437X4 . Nilai koefisien determinasi berganda (R square) sebesar 0,528 atau 52,8 %. Hal ini menunjukkan pengaruh antara semua variable bebas (X) yaitu variable Lokasi (X1), Harga (X2), Promosi (X3), dan Tenaga Pengajar (X4) terhadap variable keputusan memilih (Y) adalah sebesar 52,8%, sedangkan sisanya sebesar 47,2 % disebabkan oleh factor lain. Adapun hasil uji hipotesis dari penelitian ini adalah hipotesis yang pertama terbukti bahwa keempat variable bebas (X) yang terdiri dari Lokasi (X1), Harga (X2), Promosi (X3), dan Tenaga Pengajar (X4) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan memilih (Y), hal ini dapat dibuktikan dengan nilai F hitung (15,393) > F tabel (2,52). Dan hipotesis kedua terbukti bahwa variabelyang dominan mempengarui keputusan memilih adalah variabel lokasi (X1), karena memiliki standardized coefficients beta paling tinggi sebesar 0,746 atau 74,6 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Wid 521 2010
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 06 Oct 2022 05:56
Last Modified: 06 Oct 2022 05:56
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2341

Actions (login required)

View Item View Item