Serudjo, Indra Pramana (2009) Pengaruh Produk, Harga, Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Pio Pet Shop di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
Skripsi Indra 11105028 pdf-11.pdf Download (11MB) |
Abstract
Pada saat ini, terutama di Surabaya, banyak ditemukan pet shop – pet shop mulai menapakkan kakinya memasuki persaingan bisnis yang ketat. Untuk memenangkan persaingan ini, tidaklah mudah, membutuhkan kesigapan, rencana, maupun strategi yang tepat. Konsumen adalah faktor terpenting sekaligus yang menjadi sumber informasi untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja dari pet shop tersebut. Dengan pengetahuan tentang perilaku konsumen, maka pet shop dapat memprediksi perilaku pembelian konsumennya sekaligus mencoba merancang strategi yang dirasa dapat membuat konsumen semakin loyal dan berbelanja dalam jumlah besar yang pada akhirnya akan meningkatkan profit dari pet shop itu sendiri serta memenangkan persaingan bisnis. Obyek penelitian yang diambil adalah Pio Pet Shop di Surabaya. Saat ini, Pio pet shop memiliki keunggulan dibandingkan dengan pet shop lainnya, inilah yang menyebabkan loyalitas dan kepuasan konsumen tercapai. Pada penelitian ini penulis menggunakan 100 responden. Keputusan memilih yang dilakukan oleh konsumen (Y) dapat diukur dari beberapa variabel bebas (X), yaitu : produk (X1), harga (X2), pelayanan (X3), dan lokasi (X4). Melalui produk (X1), harga (X2), pelayanan (X3), dan lokasi (X4) yang akan diteliti untuk membuktikan apakah keempat variabel tersebut mempengaruhi keputusan memilih yang dilakukan oleh konsumen (Y). Dalam penelitian ini digunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi berganda, analisis standardized coefficients beta, dan uji hipotesis dengan menggunakan hasil pengolahan data dari program komputer SPSS versi 10.0. Persamaan dari koefisien regresi linier berganda adalah sebagai berikut : Y = -0,238 + 1,121X1 + 0,042X2 – 0,142X3 + 0,034X4. Nilai koefisien determinasi berganda (R square) sebesar 0,890 atau 89,0%. Hal ini menunjukkan pengaruh antara semua variabel bebas (X) yaitu variabel produk (X1), harga (X2), pelayanan (X3), dan lokasi (X4) terhadap variabel keputusan memilih (Y) adalah sebesar 89,0%, sedangkan sisanya sebesar 11,0% disebabkan oleh faktor lain. Adapun hasil uji hipotesis dari penelitian ini adalah hipotesis yang pertama terbukti bahwa keempat variabel bebas (X) yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), pelayanan (X3), dan lokasi (X4) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan memilih (Y), hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Fhitung (192,922) > Ftabel (2,45). Dan hipotesis kedua terbukti bahwa variabel yang dominan mempengaruhi keputusan memilih adalah variabel produk (X1), karena memiliki nilai standardized coefficients beta paling tinggi sebesar 0,950 atau 95,0%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.EKO Ser 484 2009 |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Staff Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 04:26 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 04:26 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2529 |
Actions (login required)
View Item |