Penerapan Target Costing Pada PT 'X' Dalam Menentukan Harga Jual Produk yang Kompetitif

Wijaya, Tomy (2009) Penerapan Target Costing Pada PT 'X' Dalam Menentukan Harga Jual Produk yang Kompetitif. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
497. TOMY WIJAYA.pdf

Download (68kB)

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat dan kompetitif mendorong setiap perusahaan untuk melakukan berbagai cara agar perusahaannya dapat terus bertahan dan menjadi pemenang dalam persaingan. Untuk dapat terus bersaing, maka perusahaan harus mampu menyusun suatu strategi bersaing yang tepat yang dapat digunakan untuk memenangkan suatu persaingan bisnis, tetap dengan cara yang sehat. Perusahaan dihadapkan pada satu pertanyaan yaitu bagaimana caranya agar harga produk yang dihasilkan dapat bersaing dan perusahaan tetap dapat mencapai laba yang diharapkan. Salah satu cara yang dapat dipakai untuk menghadapi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan strategi keunggulan biaya yang dapat dicapai dengan penerapan target costing. Metode target costing ini merupakan metode yang menentukan biaya pada tahap perencanaan dan berdasarkan keinginan konsumen mulai dari harga, kualitas dan desainnya, sehingga proses produksi yang dilakukan dapat benar-benar efisien dan terencana. Dari hasil studi penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi keunggulan biaya secara menyeluruh dapat diterapkan dan dilakukan di PT “X" yang bergerak dibidang produksi bahan-bahan bangunan yaitu dengan menggunakan target costing yang didalam pelaksanaanya menggunakan langkah-langkah target costing yaitu market driven costing, product level target costing, component level target costing dan chained target costing. Dimana perusahaan mampu menciptakan harga jual yang kompetitif dan harga tersebut mampu bersaing dalarn pasar, tanpa mengubah fungsi dan kualitas produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Wij 497 2009
Uncontrolled Keywords: market driven costing, product level target costing, component level target costing dan chained target costing
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB238-251 Competition. Production. Wealth
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:58
Last Modified: 19 Oct 2022 07:58
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2534

Actions (login required)

View Item View Item