Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di "AJBS Swalayan" Jl. Ratna, Surabaya

Gunaywati, Gunaywati (2005) Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di "AJBS Swalayan" Jl. Ratna, Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
288.GUNAYWATI.pdf

Download (96kB)

Abstract

Membangun persepsi dapat dilakukan melalui produk, pelayanan, harga, promosi dan tempat yang ditawarkan. Produk yang bermerek dan berkualitas dapat menarik konsumen untuk membelinya. Mengingat bahwa semakin berkembangnya jaman dan teknologi di berbagai bidang serta adanya tanggapan bahwa produk yang berkualitas bagus dapat digunakan untuk jangka waktu lama, ini berarti bahwa konsumen akan membeli produk yang berkualitas dan bermerek dibandingkan dengan produk yang tidak berkualitas dan tidak bermerek. Dengan anggapan bahwa apabila menggunakan produk yang bermerek dan berkualitas, maka kita akan terjamin terhadap kualitas produk tersebut. Sclain itu pelayanan, harga, promosi, dan tempat juga akan mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian. Dengan adanya harga yang rendah, promosi yang baik, tempat yang nyaman, dan pelayanan yang baik maka konsumen akan merasa puas, karena merasa puas maka konsumen tersebut akan kembali untuk membeli produk tersebut. Dari 50 sampel yang diperoleh dan diolah dengan analisis regresi berganda diperoleh nilai R = 0,764, sedangkan koefisien korelasi parsial antara Xi dengan Y adalah sebesar 0,699 yang berarti bahwa keeratan hubungan antara variabel X1 dengan Y adalah sebesar 69,9%, koefisien korelasi parsial antara X2 dengan Y adalah sebesar 0,316 yang berarti bahwa keeratan hubungan antara variabel X2 dengan Y adalah sebesar 31,6%, koefisien korelasi parsial antara X3 dengan Y adalah sebesar 0,104 yang berarti bahwa keeratan hubungan antara variabel X3 dengan Y adalah sebesar 10,4%, koefisien korelasi parsial antara X4 dengan Y adalah sebesar 0,062 yang berarti bahwa keeratan hubungan antara variabel X4 dengan Y adalah sebesar 6,2%, dan koefisien korelasi parsial antara X5 dengan Y adalah sebesar 0,040 yang berarti bahwa keeratan hubungan antara variabel X5 dengan Y adalah sebesar 4,0%. Nilai koefisien determinasi berganda (R2) sebesar 0,583. Kedua variabel independen yaitu Kualitas produk dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F di mana Fhitung (12,305) > Ftabel (2,427). Selain itu juga diketahui bahwa nilai thitung untuk variabel X1 (6,486) dan X2 (2,206) lebih besar daripada nilai ttabel (2,015); ini menunjukkan pengaruh signifikan antara variabel-variabel independen secara parsial terhadap variabe1 dependen sedangkan untuk X3 (0,694), X4 (0,412), dan X5 (0,263) ini menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan antara variabel-variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen, tetapi yang paling signifikan dan dominan adalah variabel X1 (kualitas produk).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Gun 288 2005
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5460-5469.5 Department stores. Mail order business. Supermarkets. Convenience stores
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:40
Last Modified: 11 Nov 2022 07:40
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item View Item