Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie Di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik

Widyawan, Theodorus (2022) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie Di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Theodorus Widyawan.pdf

Download (516kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menilai pengaruh Ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik dan juga untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik dengan pengambilan sampel purpossive sampling sebanyak 140 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis regresi berganda. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui jawaban responden terkait daftar pertanyaan pada kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala likert. Data diolah secara statistik dengan program SPSS for windows, yaitu model uji T, uji F, dan koefisien determinan (R2). Hasil penelitian melalui uji T menunjukkan bahwa kesadaran merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek berpengruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie. Sedangkan asosiasi merek berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie. Melalui uji F menyatakan bahwa kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mie instan merek Indomie. Persepsi kualitas merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian mie instan merek Indomie. Melalui koefisien determinasi menunjukkan nilai pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie sebesar 56,3% sedangkan sisanya sebesar 43,7 % dipengaruhi oleh faktor dan variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Wid 437 2022
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5801-6182 Advertising
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:16
Last Modified: 01 Apr 2024 06:31
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3113

Actions (login required)

View Item View Item