Pengaruh Persepsi Konsumen Tentang Harga, Kualitas dan Promosi Terhadap Pembelian Produk Sabun Mandi Batangan Merek LUX di Supermarket HERO

Yunita, Ineke (2007) Pengaruh Persepsi Konsumen Tentang Harga, Kualitas dan Promosi Terhadap Pembelian Produk Sabun Mandi Batangan Merek LUX di Supermarket HERO. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
341 INEKE YUNITA.pdf

Download (81kB)

Abstract

Supermarket HERO merupakan salah satu diantara kesekian supermarket yang sangat memperhatikan respon dari konsumen. Supermarket HERO menerapkan strategi penjualan yang membuat konsumen betah untuk melakukan suatu proses pembelian. Supermarket HERO merupakan anak dari Hypermarket GIANT yang menjual berbagai kebutuhan konsumen mulai dari kebutuhan pokok sampai kebutuhan non pokok. Baik itu produk makanan, sayur-sayuran, buah-buahan, sabun mandi, sabun cuci sampai produk alat tulıs, dan lain-laın. Berbagai jenis sabun mandi batangan dijual oleh Supermarket HERO seperti sabun mandi batangan merek LUX dan sejenisnya. Peneliti berminat untuk meneliti mengenai sabun mandi batangan merek LUX karena sabun ini sering digunakan untuk keluarga dan harganyapun terjangkau serta promosi yang dilakukan melalui iklan sangat menarik. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 50 orang konsumen yang pada waktu itu melakukan pembelian sabun mandi batangan merek LUX di Supermarket HERO. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisa koefisien determinasi berganda. Dan pengujian hipotesis rnenggunakan uji F dan uji T. Hasil uji F terbukti bahwa persepsi konsumen tentang harga (Xı), kualitas (X2) dan promosi (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pembelian produk sabun mandi batangan merek LUX, karena F hitung 4.416 > F tabel 2.81. Hasil uji T tentang persepsi konsumen mengenai harga T hitung – 0.253 < Ttabel 2.0141 tidak berpengaruh signifîkan terhadap pembelian sabun mandi batangan merek LUX, Hasil uji T tentang persepsi konsumen mengenai kualitas T hitung 0.147 < Ttabel 2.0141 tidak berpengaruh signifıkan terhadap pembelian sabun mandi batangan merek LUX, Hasil uji T tentang persepsi konsumen mengenai promosi T hitung 2.995 < Ttabel 2.0141 berpengaruh signifikan terhadap pembelian sabun mandi batangan merek LUX. Berarti promosi sabun mandi batangan merek LUX mempunyai pengaruh yang dominan terhadap pembelian sabun mandi batangan merek LUX.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Yun 341 2007
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5460-5469.5 Department stores. Mail order business. Supermarkets. Convenience stores
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5801-6182 Advertising
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:40
Last Modified: 15 Nov 2022 04:40
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2854

Actions (login required)

View Item View Item