Analisis Pengaruh Harga, Lokasi, Pelayanan, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Memilih ITC Mall Sebagai Tempat Berbelanja

Sasrawibawa, Christian (2010) Analisis Pengaruh Harga, Lokasi, Pelayanan, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Memilih ITC Mall Sebagai Tempat Berbelanja. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
(xi) ABSTRAK.pdf

Download (24kB)

Abstract

Pada zaman yang semakin modern ini, dimana teknologi dan perekonomian berkembang ke arah yang lebih tinggi, membawa dampak pada kebudayaan masyarakat. Kebudayaan masyarakat yang lambat laun mengalami perubahan ini berdampak pula pada perubahan dan penyesuaian akan kebutuhan masyarakat. Semakin tinggi persaingan mall-mall yang ada di Surabaya ini. Dari sekian mall-mall yang ada di Surabaya (Surabaya Plaza, Pakuwon Trade Center, Atom Mall, dll) penulis mengambil ITC Mall sebagai objek penelitian. Dari penelitian ini penulis ingin mengtahui pengaruh harga, lokasi, pelayanan, dan fasilitas terhadap keputusan memilih ITC Mall Surabaya sebagai tempat berbelanja. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari konsumen yang pernah datang dan berbelanja di Surabaya yang berjumlah 100 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan teknik penyebaran non-probabilitas jenis sampling purposive. Model yang digunakan dalam penelitian adalah skala Likert dengan interval 1-5 dan model Regresi Linear Berganda yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas harga (X1), lokasi (X2), pelayanan (X3), dan fasilitas (X4) terhadap variabel terikat (Y) keputusan memilih ITC Mall Surabaya sebagai tempat berbelanja. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji F untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan dan Uji t untuk mengetahui pengaruh variabel sacara parsial. Dari hasil analisis regresi didapat hasil: 0.623 + 0.229X1 + 0.208X2 + 0.192X3 + 0.182X4 + e, yang berarti menunjukan adanya pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) dan ditunjukan dengan hubungan keeratan antar variabel (R2) sebesar 54.8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Lalu pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji F untuk menguji pengaruh variabel-variabel bebas secara simultan terhadap variabel Y, yang hasilnya didapat sebesar 28.850 dimana Fhitung 28.850 > Ftabel 2.97, berarti secara simultan variabel-variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Selain itu juga digunakan Uji t untuk menguji pengaruh variabel-variabel bebas secara parsial terhadap variabel Y, yang hasilnya menunjukan X1 thitung 2.478 > ttabel 1.985; X2 thitung 1.996 > ttabel 1.985; X3 thitung 1.993 > ttabel 1.985; X4 thitung 2.040 > ttabel 1.985, hasil perhitungan ini menunjukan bahwa secara parsial X1, X2, X3, dan X4 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap variabel Y adalah X1 (harga) dengan pengaruh 0.249, hal ini dapat dilihat dari nilai standardized Coefficients Beta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Sas 536 2010
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5429.7-5430.6 Shopping centers. Shopping malls
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:15
Last Modified: 06 Oct 2022 07:15
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2347

Actions (login required)

View Item View Item